Tentang Si.Se.Sa.

Si.Se.Sa. merupakan second line dari designer senior Merry Pramono. Si.Se.Sa. adalah brand busana muslim syar'i dengan konsep ready to wear yang deluxe. Arti dari nama Si.Se.Sa. adalah penggalan nama tiga desainer yang mendirikan brand Si.Se.Sa. yaitu ; Siriz, Senaz dan Sansa yang merupakan anak dari Ibunda Merry Pramono. Kombinasi 3 warna dalam Si.Se.Sa. ; ungu, orange dan cyan berasal dari masing-masing warna gaun pengantin mereka. Saat ini, kombinasi tiga warna ini adalah warna sakral bagi Si.Se.Sa.



Si.Se.Sa. memulai debutnya pada tahun 2013 dengan melakukan busana syar'i pertama di Indonesia Fashion Week (IFW) di Jakarta. Acara ini diadakan di Jakarta Convention Center, Jakarta dan merupakan penampilan pertama busana syar'i di Indonesia. Pada awalnya, busana Syar'i keluar dari perhatian semua perancang busana. Hal ini disebabkan fakta bahwa gaya ini dianggap sebagai terlalu ortodoks/konservatif, sepenuhnya tertutup dan kurang menarik dari segi gaya busana. Namun, Si.Se.Sa. bersama dengan Merry Pramono mampu mengelola dan merancang busana khimar, busana syar'i yang sepenuhnya tertutup dengan memilih bahan yang nyaman dan potongan/style yang bagus.

Dikombinasikan dengan pemilihan warna pastel dan bordir, penampilan fenomenal busana syar'i yang dibuat oleh Si.Se.Sa. itulah yang menjadi titik balik dari banyak perancang busana muslim untuk mengikuti dan melihat lebih dalam desain syar'i. Setelah penampilan pertama pada 2013, Si.Se.Sa. selalu berpartisipasi dalam beberapa fashion show setiap tahunnya, dan secara konsisten selalu menampilkan busana syar'i.

sisesa jakarta fashion week

 

Partnership with Swarovski

Pada awal 2016, Swarovski telah menetapkan brand Si.Se.Sa. sebagai desainer/brand yang berwenang untuk menggunakan produk Swarovski untuk busana syar'i. Penggunaan Swarovski untuk Si.Se.Sa. pada logo adalah penampilan unik lain yang membuat busana syar'i Si.Se.Sa. terlihat lebih elegan. Pada bulan Maret 2016, Swarovski juga memilih brand Si.Se.Sa sebagai desainer paling kreatif di Asia Tenggara menggunakan produk Swarovski untuk busana yang diselenggarakan di Singapura. DaVinci, sebagai brand furniture dan interior yang paling menonjol telah membuat langkah cerdas dengan mengundang Si.Se.Sa. untuk membuat acara kolaborasi sebelum Lebaran tahun ini. Fashion show yang diselenggarakan di DaVinci Tower Jakarta kemudian ditandai sebagai pertarungan yang sempurna antara modern glam dan religious couture.

Saat ini, Si.Se.Sa. memiliki 7 butik di Indonesia, yaitu di Jalan Prapanca Raya, Jakarta Selatan, Ruko Indragiri, Surabaya, Komplek Grand Delta, Medan, Panakkukang, Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru dan Balikpapan.

Salah satu pelaku bisnis busana Islami yang cukup di kenal terutama di kalangan pecinta mode busana muslim adalah desainer Merry Pramono yang memiliki butik di Jalan Prapanca Raya, Jakarta Selatan yang acap di sambangi oleh para pelanggan setia untuk pemesanan baju muslim secara khusus. Sehingga di tahun 2011 dibentuklah merek dagang pakaian syar'i bagi para muslimah dengan sebutan Si.Se.Sa. yang merupakan penggalan nama depan atas putri-putri Ibu Merry Pramono, yaitu Siriz, Senaz dan Sansa dimana kemudian berkembang sesuai dengan trend fashion tanpa harus keluar dari jalur tema pakaian muslim yang di usung sebelumnya. Berdasarkan pengalaman, Si.Se.Sa. menemukan dan menentukan kekhasan desain dan model untuk pasar dengan rentang usia 20 hingga 40 tahun dengan tiap set yang dikeluarkan hanya terdiri dari dua bagian berupa terusan panjang berpotongan flare atau abaya dan penutup kepala berpotongan khimar yang menjadi bagian terpenting dalam berbusana syar'i. Selain mampu mempercantik si pemakai, khimar khas Si.Se.Sa. memiliki pola khusus yang menjunjung tinggi kenyamanan melalui riset yang panjang. Ini yang membedakan produk Si.Se.Sa. dengan desain syar'i lainnya. Sebagai signature style atas Si.Se.Sa. juga menangani khimar secara khusus dengan mengekplorasi khimar mulai dari pemberian payet dan bordir yang dikerjakan dengan tangan, hingga yang terbaru adalah khimar dengan aksen serut yang di bubuhi kristal Swarovski sehingga membuat busana siap pakai (ready to wear) bertambah menjadi koleksi busana siap pakai madya (ready to wear deluxe). Dalam periode satu tahun, Si.Se.Sa. mampu mengeluarkan empat kali rangkaian koleksi baru untuk memenuhi tuntutan pasar yang selalu berubah dengan menempatkan merek dagang Si.Se.Sa. sebagai trend setter atas produk pakaian muslim syar'i.